Selasa, 13 Oktober 2020

Inilah 5 Serangga Pemberi Keberuntungan

Terseram.com - Serangga diyakini dapat membawa keberuntungan sejak jaman dahulu. Maka tidak heran jika ada orang yang suka memelihara serangga. Beberapa dari mereka yang suka memelihara serangga tak jarang memiliki alasan yang  berhubungan dengan serangga pembawa keberuntungan ini. Tidak hanya di Indonesia saja, mitos serangga pemberi keberuntungan ini bahkan dipercaya hingga di beberapa negara berbeda.

Berikut daftar lima serangga yang dipercaya dapat membawa keberuntungan:

1. Capung

Sejak zaman dulu capung sering digunakan sebagai hewan penanda cuaca. Ketika capung terbang dalam jumlah yang banyak, biasanya hal itu merupakan pertanda datangnya musim panas. Namun ternyata ada arti lain ketika capung datang dengan jumlah yang banyak di atas sawah. Ketika hal itu terjadi, maka hasil panen nantinya akan sangat banyak. Capung juga memiliki makna baik lainnya, yaitu kemakmuran, kekuatan dan keberanian. Capung yang mendatangi tempat bisnis dipercaya pertanda baik terhadap kelancaran bisnis, dan capung yang mendatangi area peperangan menjadi pertanda baik terhadap peperangan yang akan datang. 

2. Jangkrik

Suara jangkrik dipercaya sebagai simbol persahabatan atau kedamaian. Di Cina, berhentinya suara jangkrik menjadi penanda akan datangnya bahaya. Sedangkan di Eropa, membunuh jangkrik diyakini dapat membawa ketidakberuntungan . Dan suku Indian di Amerika meyakini bahwa jangkrik adalah hewan pemberi keberuntungan.

3. Kepik
Serangga kecil yang memiliki bintik di punggungnya ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan sejak zaman Yunani Kuno. Apabila kita memelihara kepik, dipercaya hal tersebut akan dapat mengatasi masalah yang sedang dan akan kita hadapi. Sedangkan apabila membunuh kepik, kesialan akan datang kepada orang yang membunuhnya.


4. Scarabs

Scarabs atau Kumbang Scarab juga merupakan serangga yang memiliki pertanda baik menurut mitos. Oleh masyarakat Mesir Kuno, bahkan simbol scarabs dijadikan sebagai simbol matahari terbit dan juga pelindung kejahatan. Masyarakat Mesir Kuno menganggap kumbang scarab adalah hewan suci, karena lahir tiba-tiba dari kotoran kerbau.Walapun memang faktanya, kumbang scarab bertelur di kotoran kerbau dan telurnya pun menetas disana.

5. Kupu-kupu

Kupu-kupu diyakini sebagai serangga pembawa keberuntungan oleh orang Jepang. Bahkan mereka tidak hanya memeliharanya saja, namun juga mengawetkan kupu-kupu untuk disimpan dan dipajang sebagai pembawa keberuntungan. Keindahan sayap kupu-kupu diyakini dapat membuat kehidupan orang yang memelihanya juga menjadi indah. Apabila orang tersebut memiliki bisnis, kupu-kupu dipercaya dapat melancarkan bisnisnya. Mitos kupu-kupu ini sebenarnya tidak hanya dipercaya di Jepang saja, namun orang Indonesia juga ada yang mempercayai bahwa kupu-kupu adalah pemberi keberuntungan.


0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak