Sabtu, 16 Juni 2018

Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Baik atau Buruk?

Terseram.com - Capung mudah ditemukan di areal persawahan. Biasanya anak-anak menangkap hewan ini untuk dijadikan mainan, ataupun diberikan makan kepada ayam. Namun ketika capung masuk ke dalam rumah, ternyata ada mitos dibalik kedatangannya. Apa mitos dibalik masuknya capung ke rumah tersebut?

Ada dua mitos yang berbeda terkait dengan masuknya capung ke dalam rumah ini, yaitu capung yang masuk pada malam hari dan capung yang masuk pada siang hari. Waktu kedatangan capung ini memiliki arti yang berbeda berdasarkan mitos yang beredar.

Mitos capung masuk rumah pada malam hari
Menurut mitos yang beredar, apabila capung masuk pada malam hari, merupakan pertanda dari kesialan yang akan menimpa anggota keluarga pada rumah yang didatangi capung tersebut.


Masyarakat Toba percaya bahwa capung yang masuk ke dalam rumah merupakan kiriman dari orang yang iri dengan tujuan yang buruk. Biasanya untuk mencelakai anggota keluarga yang berada didalam rumah tersebut. Oleh karena itu, masyarakat Toba biasanya langsung segera mematikan capung yang masuk ke dalam rumah mereka untuk menghindari kesialan yang dipercaya akan terjadi pada mereka apabila capung itu dibiarkan hidup.

Mitos capung masuk rumah pada siang hari
Apabila capung masuk pada siang hari, ternyata kedatangannya dipercaya sebagai pertanda baik. Salah satunya adalah pertanda akan datangnya musim hujan setelah musim kemarau yang berkepanjangan. Masuknya capung juga dipercaya sebagai pertanda akan datangnya keberuntung kepada anggota keluarga yang berada dirumah itu.

Menurut pandangan ahli
Menurut para ahli, tidak ada hal yang aneh akan masuknnya capung ke dalam rumah. Capung bisa berada dimana saja. Sehingga ketika capung masuk ke dalam rumah, itu hanyalah kebetulan saja.

Memang tidak ada bukti yang kuat mengenai kebenaran mitos capung ini. Namun bagi kalian yang mengetahui atau memiliki pengalaman terkait dengan kedatangan capung ke dalam rumah kalian, silahkan bagikan pengalaman kalian.

15 komentar:

  1. Mitos capung masuk dalam rumah karena capung nya mau ngintip anak kost putri yg lagi mandi

    BalasHapus
  2. Allhamdulilah,saya dapat keberuntungan dan kesuksesan🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius ni bro?capung nya masuk pas siang?

      Hapus
  3. Gimana niihhh ngeri bangt dnger mitos itu. Itu bneran ap gc. Y allah jdi gc teng. Skrng ada capung d kmrku mndekati lampu kmr. Ptanda apa y allah. Bsok udh sholat idul adha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, aku juga sama, dikosan ku. Tiba tiba ada capung masuk di wc, dan itupun karena percaya mitos, langsung ku hajar, semoga gak terjadi apa apa.

      Hapus
    2. Ini terjadi setelah 1 hari dari idul adha

      Hapus
  4. Bnar ga ea pertanda buruk klo capung masuk kerumah malam hari??jadi takut😢😢

    BalasHapus
  5. Bnr ia malam hari capung msauk rmh kami langsung saya matin .biar sial itu hilang.

    BalasHapus
  6. Di rmah qu pun masuk capung juga..smpai patah sapu qu mau usir tu capung.kta"orang sih sial tpi bismillah aja lah...

    BalasHapus
  7. Percaya sama yg bikin hidup...
    Kalo memeng musibah syukuri aj tuhan memberikan nikmatnya kepada hambanya...
    Cobaan harus kita lewati...

    BalasHapus
  8. Iya saya jga jdi takut barusan ad capung gde yang nempel di pitu kamar secara tiba-tiba, nyampe aq kaget bgt,,tpi gak lma aq buka korden lsung kabur gak sempet aq matin tuh capung, bismillahirrahmanirrahim semoga gak ad ap2 am keluarga ku Amiin ya Alloh,

    BalasHapus
  9. 2malam yg lalu juga sempet ada capung masuk kamar,muter2 dilampirkan,capungnya gede banget bukan capung yg biasanya,
    Entah kenapa pas liat capung itu muter2 dikamar hati berasa ngga enak..Bismillah Ya Allah,Lindungi Aku dan anak Ku juga keluarga ku..

    BalasHapus
  10. Bismillah hanya allah yg maha tau😇

    BalasHapus
  11. Aku 6 tahun d dtgi capung melulu kadang lg kluar jg capung terbang Mulu d atas kepala,,mlm hari tu capung masuk ke rumah terbang terbang gk mau kluar trus tiap pagi selalu aja jumpa bangkai capung yg tiap MLM masuk k rmh setahun lalu capung itu gk dtg lg dan bbrp hr ni capung itu ms d dlm rumah ku,aku udah cb usir tp gk mau kluar malah seminggu tu capung d rmh ku berat badan ku turun drastis,,ada apa dgn ku bbrp tahun lalu jg begitu berat badan ku susut x stelah gk d ikuti capung itu berat badan ku normal tp d ikuti badan ku susut

    BalasHapus
  12. Berdoa aja...mau pertanda baik mau pertanda buruk itu sudah takdir Alloh...kita hamba nya harus siap dan tabah menghadapi nya...

    BalasHapus

Tentang Kami | Kontak